Tue. Jul 23rd, 2019

Ajang “Pancak Dor” Jadi Kegemaran di Kediri

sumber: liputan6.com

FikomNews.com- Bertarung secara bebas dengan segala ilmu bela diri, dalam ajang “Pancak Dor” di Lapangan Pondok Pesantren Al Mahrusiyah, Lirboyo, Kota Kediri Jawa Timur (22/11/2018).

Tradisi seni bela diri warisan Para Kyai Pondok Lirboyo ini semakin hari semakin diminati. Bahkan seni bela diri ini mampu memecahkan rekor dunia dengan jumlah pendekar terbanyak.

Seni bela diri gaya bebas ini sangat digemari oleh masyarakat di Kediri. Setiap kali pertandingan digelar, ribuan penonton hadir memadati arena untuk menyaksikan para pendekar bertarung.

Pertandingan Pancak Dor ini digelar dalam rangka Haul K.H Imam Yahya Mahrus, yang merupakan Pengasuh Podok Pesantren Mahrusiyah Lirboyo, Kediri.

Sejarah Pancak Dor mulai terkenal sejak era 1960-an. Lalu dikembangkan oleh KH Maksum Djauhari, yang akrab disapa Gus Maksum, salah satu Pengasuh Pondok Pesantresn Lirboyo.

Hingga akhirnya Pancak Dor berkembang di wilayah Keresidenan Kediri, bahkan beberapa pesantren kini memiliki Pendekar Pancak Dor.

Staf Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Anggia Ermarini mengatakan, “Pancak Dor merupakan warisan budaya yang harus tetap dilestarikan”.

Pancak Dor bukan hanya menjaga warisan ulama, namun juga membumikan budaya asli Indonesia. (UM)

Leave a Reply