Mon. May 20th, 2019

LPI: Perda Injil dan Syariah Produk Politisasi Agama

sumber: breakingnews.com

FikomNews.com – Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menggelar diskusi publik bertemakan “Memahami Perda Syariah dan Injil dalam Bingkai Pancasila”, Sabtu (24/11/2018) di Kawasan Satrio, Jakarta.

Dalam diskusi itu, Direktur LPI Boni Hargens mengatakan, “perda syariah dan injil merupakan salah satu bentuk produk politisasi agama,”.

Boni juga menambahkan, pemerintah perlu melakukan evaluasi terhadap peraturan daerah syariah yang ada, dan injil yang masih dalam tahap perencanaan perda (raperda)

“perda harus dievaluasi, semua perda yang sudah ada. Pemerintah jangan ragu untuk menghapus perda jika bertentangan dengan Pancasila,” pungkas Boni.

Saat yang bersamaan, Wasekjen Partai Nasional Indonesia (PNI) Marhaenisme, Ibnu Prakoso menjelaskan dalam hirarki hukum di Indonesia perda berada paling bawah, yang di bawah jangan bertentangan dengan yang di atas.

“Dalam hirarki hukum, palingtinggi UUD 1945, perda ini paling bawah. Perda tidak boleh melanggar peraturan di atasnya, apalagi Pancasila,” jelas Ibnu

Ibnu juga menghimbau, jangan sampai Pancasila sebagai dasar yang sudah menjadi kesepakatan dari hasil musyawarah, diotak atik. Jika diotak atik, Persatuan Bangsa Indonesia bisa terancam. (AS)

Leave a Reply