Mon. May 20th, 2019

Rusia dan Turki Jalin Kerjasama Energi

sumber: rferl.org

FikomNews.com –  Minggu (25/11/2018) Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menandatangani selesainya fase kunci Turkstream, sebuah pipa gas alam yang menghubungkan kedua negara.

Pipa gas asal Rusia akan masuk ke wilayah Eropa melalui Turki. Kedua kepala negara telah menggelar pertemuan di Istanbul Turki untuk menyepakati kerjasama tersebut.

Erdogan mengumumkan bagian lepas pantai  dari dua garis pararel Turkstream yang berjarak dua kilometer di Laut Hitam telah selesai, dam megatakan bahwa kaki terakhir dari proyek ini telah rampung.

Garis pipa ini diharapkan bisa memasok gas dari Rusia ke Turki. Lalu diteruskan ke pasar Eropa, melintasi wilayah Turki.

Nantinya, garis sepanjang 930 km di dasar Laut Hitam, serta pipa darat antara Rusia dan Turki ini akan membawa 31,5 miliar meter kubik atau 1,1 triliun kaki kubik gas alam setiap tahunnya.

Putin menjelaskan ada dua fungsi dari dua garis pipa gas alam tersebut, yang juga mencerminkan status geo politik Turki.

“yang pertama dari dua jalur pipa akan membawa gas Rusia ke Turki Barat, sementara yang kedua dapat membawanya melalui Turki ke negara-negara selatan dan barat daya Eropa, yang tidak diragukan lagi mengubah Turki menjadi pusat Eropa yang penting, dan jelas akan tercermin pada status geo politik Republik Turki,” jelas Putin di Istanbul.

Erdogan menambahkan, kedua negara berkomitmen untuk menjalankan kerjasama jangka panjang. Dengan harapan, hubungan kedua negara tidak didikte lagi oleh negara-negara anggota NATO.

Dalam kesempatan itu, Erdogan juga mengumumkan Turkstream akan mulai beroperasi pada 2019 mendatang. (UM)

Leave a Reply