Mon. Nov 29th, 2021

Aksi Peringati 45 Tahun Kekerasan Negara Berujung Ricuh di Yunani

sumber: tempo.co

FikomNews.com – Senin (19/11/2018) ribuan aktivis turun ke jalan di pusat kota Thessalonki, Yunani. Aksi tersebut bertujuan untuk memperingati 45 tahun kekerasan negara terhadap mahasiswa.

Aksi turun ke jalan itu berujung ricuh. Kerusuhan terjadi di Kota Thessalonki dan sejumlah provinsi lainnya, termasuk di Athena. Kerusuhan terjadi sepanjang hari.

Massa aksi melemparkan bom molotov ke arah pasukan anti huru hara Kepolisian Yunani. Aksi yang berujung kisruh tersebut dilakukan oleh sekelompok aktivis, dengan tuntutan diusut tuntasnya kasus hilangnya mahasiswa pemimpin demonstran 1973 silam.

Aksi dipusatkan di Thessalonki, namun berimbas ke kota-kota lainnya. Kerusuhan dipicu oleh sekelompok anarkis berbadan tegap, seperti pasukan khsusu dengan penutup wajah, mulai membakar tempat sampah dan melempar bom molotov ke arah polisi.

Aksi ini digelar tiap tahunnya dengan pawai dan demonstrasi, yang dihadiri ribuan aktivis. Para aktivis memanfaatkan momen itu untuk menyuarakan kemarahan mereka terhadap kebijakan Pemerintah Yunani, Uni Eropa serta Amerika Serikat. (UM)

Leave a Reply