Sun. Nov 28th, 2021

Distribusi Logistik Domestik Perlu Perhatian Lebih

fikomnews.com: Keterangan pers Kepala Balitbang Perhubungan.

FikomNews.com – Permasalahan logistik di Indonesia sangat kompleks, ditinjau dari beberapa faktor seperti: keberagaman komoditas, luas wilayah, kondisi geografis, infrastruktur, serta banyaknya pihak yang terkait dalam sistem logistik. 

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Perhubungan Kemenhub, Sugihardjo, permasalahan distribusi logistik tidak akan terselesaikan tanpa integrasi yang baik antar lembaga.

“beberapa kementerian, pemerintah daerah, BUMN, perusahaan swasta dan yang lainnya tanpa integrasi yang baik, tidak akan terselesaikan permasalahan logistik”, tutur Sugihardjo di Hotel Grand Mercu, Jakarta (30/10/2018).

Dari penelitian Balitbang perhubungan, banyak masalah yang timbul akibat sistem distribusi yang kurang baik, salah satunya kelangkaan barang dipasar. Hal ini membuat produsen menentukan harga yang tinggi. Fluktuasi harga sangat menentukan efisiensi ekonomis.

Sugihardjo mengatakan, “pola saluran distribusi yang berbeda-beda antar wilayah di Indonesia berdampak pada sulitnya kontrol terhadap aspek produksi dan distribusi”.

Sarana dan prasarana distribusi yang masih jauh dari harapan juga menjadi penyebab masalah yang signifikan.

Natal Imam Ginting selaku managing Director Telkom Metra Logistics, mengatakan bahwa “Transaksi digital harus sudah dimulai guna menetapkan standarisasi Nasional hingga penerapan Connected Base Logistics System sehingga mampu mengejar ketertinggalan dari Negara lain dan memiliki standar Internasional”.

Saat yang bersamaan, Erwin Raza selaku Asisten Deputi Logistik Kementrian Koordinatir Perekonomian mengemukakan bahwa, “Indonesia membutuhkan Intergrated and Connected Logistics System”.

Erwin juga menambahkan, hal ini harus diperhatikan mulai dari sekarang.

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia Zaldi Ilham Masita menegaskan, “Indonesia sudah tertinggal selama 20 tahun dibanding negara lainnya terutama ASEAN”.

Sebagai upaya menyelesaikan permasalahan dalam pendistribusian barang, Balitbang Perhubungan menggelar Focus Group Discussion (FGD).

Tujuannya adalah mensosialisasikan kembali kepada masyarakat tentang pentingnya distribusi logistik domestik.


Notice: Trying to get property 'user_nicename' of non-object in /home/fikomnew/public_html/wp-includes/link-template.php on line 265

Notice: Trying to get property 'user_nicename' of non-object in /home/fikomnew/public_html/wp-includes/link-template.php on line 265

Leave a Reply