Mon. Nov 29th, 2021

Jabar jadi Bettle Ground Parpol Kontestan 2019

fikomnews.com: Paparan hasil survei Indopolling di Jabar.

FikomNews.com – Jawa Barat (Jabar) merupakan provinsi dengan pemilih terbanyak dari seluruh Indonesia, menjelang pemilu yang diselenggarakan pada tahun 2019 mendatang, maka Jabar memiliki peran penting dalam perolehan suara untuk pemilu tahun depan.

Dari temuan hasil survey Indopolling(06/11/18) terlihat sebaran wilayah dukungan, dimana PDIP cenderung menguasai :

  • Zona Wilayah Jabar Utara (Kab. Bekasi, Kota Bekasi, Kab, Karawang, Purwakarta dan Subang)
  • Zona Wilayah Jabar Timur (Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab. Indramayu, Kab. Kuningan, Kab. Majalengka dan Kab. Sumedang).

Sementara Partai Gerindra terlihat unggul di Zona Wilayah Jabar Barat (Kab. Sukabumi, Kota Sukabumi, Kab. Bogor, Kota Bogor dan Kota Depok).

Dua wilayah yang akan menjadi pertemuan perebutan suara (battle ground)antara PDIP dengan Gerindra pada pemilu tahun depan adalah:

  • wilayah Jabar Tengah (Kota Bandung, Kab. Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung Barat dan Kab Cianjur)
  • wilayah Jabar Selatan (Kab. Garut, Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, Kab. Pangandaran dan Kota Banjar)

Temuan elektabilitas Partai Gerindra yang saat ini berada di posisi kedua cukup mengejutkan dan merubah peta konstalasi partai pemilu di Jawa Barat. Tingginya elektabilitas Partai Gerindra mengkonfirmasi efek elektoral pencapresan Prabowo – Sandi terhadap partai tersebut, ujar Wempy.

Hasil survey juga mengungkapkan, bahwa PDIP masih menjadi partai yang kinerjanya dinilai paling memuaskan di Jabar.

Setidaknya terdapat 33,4 persen publik Jawa Barat yang menyatakan puas terhadap kinerja PDI-P. Disusul oleh Partai Gerindra (28,6 persen); Partai Golkar (23,5 persen) dan PKS (22,3 persen). Sementara kepuasan tergadap kinerja partai lainnya masing-masing dibawah 20 persen. (AR)

Leave a Reply