Mon. Nov 29th, 2021

Kebijakan Pengambilan Kartu Ujian FIKOM

fikomnews.com: Mahasiswa FIKOM tengah mengantri di depan semua untuk mengambil kartu UTS.

FikomNews.com – Dalam masa pelayanan pengambilan kartu ujian tengah semester yang diselenggarakan oleh sekretariat Fakultas Ilmu Komunikasi ada beberapa tahapan yang dilalui, antara lain tahap verifikasi daftar mahasiswa, tahap ini sekretariat menginventarisir daftar mahasiswa aktif yang akan menjadi peserta dalam pelaksanaan Ujian Tengah Semester Ganjil 2018/2019.

Lalu tahap cetak kartu ujian, pada tahap ini sekretariat mencetak semua kartu ujian mahasiswa berdasarkan verifikasi daftar mahasiswa yang telah dilaksanakan. Selanjutnya ada briefing yang diikuti oleh seluruh perangkat sekretariat sebelum pelaksanaan proses pelayanan pengambilan kartu sampai pada akhirnya ditutup dengan Evaluasi Penyelenggaraan pelayanan pengambilan Kartu Ujian Tengah Semester ganjil 2018/2019. Penjelasan tahapan tersebut berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan bersama Wakil Dekan II bidang Administrasi bapak Dr. Hendri Prasetya, M.Si (19/10/2018).

Lalu berdasarkan penjelasan lebih lanjut oleh Wakil Dekan II, sebelum pengambilan kartu ujian tengah semester mahasiswa sudah harus melunasi pembayaran-pembayaran yang diwajibkan, karena pembayaran tersebut terpantau secara otomatis melalui sistem keuangan ketika akan mengambil kartu ujian. Adapun pembayaran yang wajib dilunasi antara lain Iuran Pokok, Biaya Administrasi dan Biaya SKS.

Apabila mahasiswa menemui kendala dalam pelunasan pembayaran maka kampus dapat memberikan keringanan pembayaran atau istilahnya biasa dikenal dengan dispensasi pembayaran. Namun dispensasi juga tidak serta merta dapat diberikan tanpa melalui prosedur yang ditetapkan, adapun salah satu prosedurnya adalah dengan mengajukan dispensasi kepada sekrertariat melalui persetujuan Wakil Dekan II bidang Administratif.

Pak Hendri sendiri memiliki harapan bagi para mahasiswa yang belum mengambil kartu ujian agar segera melakukan pengambilan kartu ujian supaya dapat mengurangi beban sekretariat dalam melakukan pendistribusian kartu ujian tersebut. Pak Hendri juga mengatakan dalam menghadapi pelaksanaan Ujian tengah semester Sekretariat melakukan beberapa persiapan, antara lain adalah menyiapkan ruang kelas yang akan digunakan, menggandakan soal-soal ujian dan melakukan pembagian tugas pengawas jalannya Ujian.

Pada kesempatan lain dalam wawancara bersama Kamila, salah satu Mahasiswi jurusan Humas semester ketujuh. Ia mengatakan bahwasanya sebelum melakukan pengambilan Kartu Ujian tengah semester ganjil 2018/2019 dirinya diwajibkan untuk melunasi biaya-biaya seperti yang telah disebutkan diatas dan dapat dibuktikan dengan menunjukan bukti transfer/setor atas pembayaran yang telah dilakukan.

Selain itu, juga iya mengatakan bahwa pengambilan dapat dilakukan dengan mengikuti jadwal yang telah disediakan oleh pihak sekretariat yaitu antara tanggal 17 s.d 19 Oktober 2018 pada jam 08.00-20.00 WIB dan tanggal 20 Oktober 2018 pada pukul 09.00 s.d 14.30 WIB. Dirinya mengatakan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan dalam menghadapi Ujian Tengah Semester ini, ia hanya membaca ulang materi yang telah diberikan.

Kamila juga memberikan saran agar kedepannya pendistribusian Kartu Ujian dapat diwakilkan apabila mahasiswa yang bersangkutan berhalangan untuk mengambil  Kartu dengan menunjukan surat kuasa dan melampirkan bukti setor tentunya.

Demikian hasil dari wawancara yang dilakukan seputar proses pelaksanaan pengambilan Kartu Ujian Tengah Semester Ganjil 2018/2019, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan Fikom Moestopo yang akan melakukan pengambilan Kartu Ujian Tengah Semester dan menjalani Ujian Tengah Semester Ganjil 2018/2019.

Leave a Reply