Sat. Nov 27th, 2021

Ribuan Warga Kroasia Peringati Pembantaian Warga Sipil

sumber: galamedia.com

FikomNews.com – Rabu (21/11/2018) ribuan warga Kroasia menggelar pawai peringati 27 tahun insiden pembantaian berdarah terhadap warga sipil.

Pembantaian itu terjadi pada awalan 1990-an silam, ketika Kroasia masih bersengketa dengan pemerintah Yugoslavia dan Serbia.

Pawai tersebut juga memperingati jatuhnya Kota Vukovar Timur ke Tentara Yugoslavia, selama perang Serbia melawan Yugoslavia pada 1991 sampai 1995 lalu.

Pawai dipimpin oleh pejabat negara, diikuti sekitar 60 ribu warga Kroasia bersama tentara dan para veteran. Mereka melakukan long march menuju pemakaman Vukovar, lokasi di mana korban perang dimakamkan.

Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic mengatakan, “kami di sini untuk memberikan penghormatan kepada para korban, Pahlawan asal Kroasia dan semua yang meletakan hidup mereka untuk apa yang kita miliki saat ini,”.

Andrej juga menambahkan penghormatan diberikan kepada para korban yang menjadi simbol demokrasi dan kebebasan bagi Kroasia. Dan simbol perang bagi tanah air Rakyat Kroasia.

Pada 27 tahun silam, kota Vukovar dikuasai oleh tentara Serbia. Banyak warga sipil Kroasia yang menjadi korban, dan dikubur secara masal di Kota Vukovar.

Kini kota Vukovar menjadi simbol perang bagi Rakyat Kroasia. (UM)

Leave a Reply