Fri. Nov 15th, 2019

Universitas Moestopo Terus Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Foto: Zulfahlevi (Humas UPDMB)

JAKARTA – Pendidikan merupakan tangga kemajuan bagi semua anak bangsa. Di tengah upaya kemajuan dan persaingan antar institusi pendidikan perguruan tinggi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) terus berkomitmen dalam memajukan kualitas pendidikan.  Tidak berhenti sampai di situ,  Kampus Merah Putih ini juga selalu meningkatkan pelayanan bagi mahasiswa, dosen maupun karyawannya.

“Kita patut bersyukur, di tengah persaingan yang ketat, tahun 2019 ini, jumlah mahasiswa baru Universitas Moestopo yang diterima sebanyak 1.245. Dari jumlah tersebut, ada beberapa mahasiswa asing dari Korea dan Yaman,” ungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat, Dr. Maryono Basuki, M.Si, Jumat (25/10) siang.

Penerimaan mahasiswa asing di tersebut juga diteruskan dengan realisasi program “go international” di tahun depan. “Mahasiswa dapat mengikuti program magang ke luar negeri antara lain ke Jepang dan dosen dari luar negeri mulai mengisi perkuliahan,”  tambah Maryono.

Jumlah dan keterlibatan mahasiswa serta dosen tersebut, tambah Maryono, merupakan wujud kepercayaan dari masyarakat. Untuk itu, Kampus ini akan selalu meningkatkan tingkat kenyamanan suasana belajar dan mengajar, antara lain saat ini sedang dibangun tempat bertemu atau kantin mahasiswa dan dosen serta fasilitas akademik lainnya. “Sementara piranti lunak perkuliahan online masing-masing prodi sedang dalam penyempurnaan,” ungkap Dosen Fikom Moestopo ini.

Untuk melengkapi layanan kemahasiswaan dan kegiatan belajar – mengajar, sistem informasi akademik senantiasa dimutakhirkan, dengan disusunnya perpustakaan berbasis web dan sudah berjaringan secara online.

Adapun konsekuen dengan program penyelenggaraan administrasi – keuangan yang tertib, Universitas Moestopo juga melakukan audit yang dilaksanakan secara periodik oleh akuntan publik.

Kerjasama PT Luar Negeri

Sejak 2015 Universitas Moestopo telah melaksanakan 36 kerjasama bidang tridharma perguruan tinggi, antara lain dg ITB, UGM, UPN Yogyakarta, UNY, UNISBA, UNPAR, UNITAMA, UNPAD, UNIBRAW, UNRI, UNSYIAH, Univ. PGRI Denpasar, UNJ, UAJ, Binus University dan Mercu Buana University. 

Sementara Kerja sama dengan Perguruan Tinggi luar negeri di antaranya dengan University Utara Malaysia, Univ. Technology Krungtep Thailand, Coorg University India, Niigata University Japan, Mustafa Aidyn  University Istambul, Dankook University Korea, Thamasat University Thailand, dll.   

“Salah satu realisasinya, mahasiswa Teknik Pertambangan menyelenggarakan kuliah di kampus Moestopo, dan praktikum dilaksanakan di laboratorium ITB,” papar Maryono. 

Menurutnya, kerja sama juga dilakukan dengan lembaga-lembaga seperti BATAN, PT Jarum, PT Bukit Asam, PT GATRA dan PT NHI. Hal itu direalisasikan antara dengan menyelenggarakan beberapa konferensi internasional, kerjasama perkuliahan dan kerjasama riset-teknologi.

Tidak heran jika peningkatan kualitas pengajaran di Universitas Moestopo juga diwujudkan dalam bidang lainnya.

“Tahun 2018 dan 2019, Universitas Moestopo menambah 6 Guru Besar, sehingga persyaratan akademik perkuliahan program studi terpenuhi. Untuk ini, Dikti memberikan apresiasi,” pungkas Maryono.

NARA HUBUNG :
Dr. Maryono Basuki, M.Si.
0818-190044
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat
Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama

Leave a Reply

%d bloggers like this: